Jumat, 17 Juni 2016

Shalat Subuh dan Kuliah Subuh DKM Al-Muhajirin

Jamaah Masjid Al-Muhajirin, pada setiap Rabu subuh dan Sabtu subuh
mencanangkan Program Kuliah Subuh dalam upaya menempa
keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata'ala

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

DKM Al-Muhajirin mencanangkan program kuliah Suubuh pada setiap Rabu pagi dan Sabtu pagi, selain guna menjalin silaturahmi juga dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata'ala. Sebelum shalat subuh, biasa dimulai dengan shalat sunnah dua rakaat. Ini karena  nilai pahalanya yang lebih baik dari dunia dan seisinya. 


Aisyah Radhiyallahu Anha meriwayatkan dari Nabi, Beliau bersabda, “Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat Subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi). Jadi betapa ruginya kalau shalat qoblal subuh ini dilewatkan begitu saja.

Mungkin sudah banyak yang tahu atau setidaknya pernah mendengarkan ceramah soal pahala dari shalat Subuh. Tapi lepas dari itu semua, mari kita perhatikan saja lagi keutamaan dari shalat Subuh dari sisi pahalanya.

“Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim).

Kemudian, dalam sabda lainnya disebutkan, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar