Selasa, 28 Juni 2016

Tarling Camat Antapani di Masjid Al-Muhajirin RW-10



Program Tarling (Tarawih Keliling) Kecamatan Antapani merupakan program rutin tahunan Kecamatan Antapani dengan mengunjungi masjid-masjid jami di kecamatan Antapani. Tidak terkecuali di Kelurahan Antapani Kidul, tarling dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul. 

Hadir dalam rombongan Tarling Kecamatan Antapani, yakni: Camat Antapani, Drs. H Sarjani Saleh, MSi; Sekretaris Camat, Drs H Sudita, Lurah Antapani Kidul, H Ahmad Sujani,S.Sos,MM; Ketua MUI Antapani, KH Drs. Abudullah Abubakar; Sek MUI Antapani, KH Drs Amin Baijuri, M.Pd; Ketua MUI Kelurahan, H Samrum; serta Kapolsek Antapani, AKP Uun Suhendra.

Dalam Kultum yang disampaikan Sekretaris MUI Antapani, KH Drs. Amin Baijuri, M.Pd, menyampaikan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat memuliakan 10 hari terakhir Ramadhan. Beliau benar-benar member perhatian yang mendalam apabila masa itu tiba dengan bersungguh-sungguh dan memperbanyak ibadah di dalamnya. Beliau khususkan saat-saat tersebut untuk beri’tikaf di masjid, menyendiri beribadah dan bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beliau sampai harus mengetatkan ikat pinggang karena begitu bersemangatnya mengisi dan menyongsong malam lailatul qadr yang sangat agung kedudukannya.

Allah Ta’ala berfirman,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ 
وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 3-5).

Makanya, KH Amin Baijuri mengajak seluruh jamaah Masjid Al-Muhajirin untuk memanfaatkan 10 hari terakhir bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan kesempatan ini, karena malam tersebut lebih baik dari 1000 bulan atau kurang lebih 30.000 malam. Lebih baik dalam hal meraih keberkahan, ganjaran pahala, rahmat, ampunan, pengkabulan doa, dan diterimanya amal.

“Hendaknya kita bersungguh-sungguh dalam mengisinya, bersemangat di kesepuluh hari tersebut. Hidupkan malamnya dengan shalat, dzikir, dan doa,” ajak KH Amiin seraya menyitir sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ القَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَاباً غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang shalat di malam lailatul qadr karena keimanan dan berharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Sementara itu Ketua DKM Al-Muhajirin, Drs H Sigit Tjiptono, M.Sc, menyampaikan bahwa Masjid Al-Muhajirin ini Alhamdulillah baru selesai dibangun kembali dan In-Syaa Allah telah kami isi dengan berbagai program DKM, antara lain: Kajian Al-Qur’an dan Hadist serta Kuliah Subuh dalam seminggu dilaksanakan sebanyak empat kali.

Sedangkan khusus selama bulan Ramadhan ini, lanjut H Sigit, kami isi pula dengan belajar membaca Al-Qu’an baik untuk dewasa maupun anak-anak, program takjil berbuka puasa, serta pada 10 hari terakhir Ramadhan kami adakan pula program I’tikaf.

Atas nama Ketua DKM, H Sigit, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Camat beserta rombongan sehingga Masjid Al-Muhajirin ini mendapat pilihan untuk dijadikan program Tarling Kecamatan Antapani.

Turut memberi sambutan Camat Antapani, Drs. H. Sarjani Saleh, M.Si, yang menyampaikan berbagai program Kecamatan yang salah satu diantaranya adalah program tarling ini. Tujuannya untuk saling mengenal dan lebih dekat antara aparat dengan masyarakat. Beberapa program Kecamatan Antapani yang hingga saat ini masih berlangsung antara program percepatan penyelesaian e-KTP, program keamanan dan kebersihan lingkungan. Serta berbagai program kecamatan Antapani lainnya, yang tentu saja masih sangat membutuhkan partisipasi seluruh warga masyarakat di kecamatan Antapani.

Selanjutnya rombongan melaksanakan shalat tarawih bersama jamaah Masjid Al-Muhajirin, yang diimami oleh Ketua MUI Kecamatan Antapani, KH Drs Abdullah Abubakar. (*nas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar