Minggu, 30 Oktober 2016

Orang yang haram (tersentuh) api neraka

Nabi Saw bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram (tersentuh) api neraka?.
Para sahabat berkata, "Iya, wahai Rasulallah!".
Beliau menjawab, "(Haram tersentuh api neraka) orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, dan Sahl"

Pengertian :

1. Hayyin

Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan dzahir maupun batin. Tidak gampang marah, tidak grusah-grusuh dalam segala hal, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki/melaknat/ngamuk apabila tersulut berita yang sampai padanya.


2. Layyin

Orang yang lembut dan kalem, baik dalam bertutur-kata, tidak kasar, bermain cantik sesuai aturan, tidak semaunya sendiri, segalanya tertata rapi. Tidak suka memarahi orang yang berbeda dan walaupun orang itu tidak mentolerirnya sedikitpun. Identik tidak suka melakukan pemaksaan pendapat.

3. Qorib

Bahasa jawanya 'gati', akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan orang yang diajak bicara. Tidak acuh tak acuh, tidak cuek-bebek, konsisten. Umumnya murah senyum jika bertemu dan wajahnya berseri-seri dan enak dipandang.

4. Sahl

Orang yang gampangan, tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan membuat orang lain lari dan menghindar.

Keempat kata diatas memiliki makna yang mirip, sama dan saling melengkapi dalam bingkai Akhlakul karimah, yg menjadi daya tolak Neraka..
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar