Minggu, 07 Mei 2017

Beda Ahlan wa Sahlan dan Marhaban

Secara makna, arti keduanya sama yaitu merupakan ungkapan Selamat Datang.
Perbedaannya terletak pada penggunaannya. Para ulama tidak menggunakan ahlan wa sahlan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, melainkan "marhaban ya Ramadhan

AHLAN berasal dari kata ahl yang berarti "keluarga", sedangkan SAHLAN berasal dari kata Sahl yang berarti mudah. Juga berarti "dataran rendah" karena mudah dilalui, tidak seperti "jalan mendaki". Ahlan wa sahlan, adalah ungkapan selamat datang. Jadi ketika kita mengucapkan Ahlan wa sahlan sesungguhnya kita ingin mengatakan kepada tamu kita : Anda berada di tengah keluarga dan langkah kaki anda berada di dataran rendah yang mudah dilalui."

Marhaban terambil dari kata Rahb yang berarti Luas atau Lapang, sehingga kata marhaban menggambarkan ungkapan bahwa tamu yang datang disambut dan diterima dengan lapang dada dan penuh kegembiraan serta dipersiapkan baginya ruang yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkannya.

Selain itu ungkapan kata Marhaban juga digunakan untuk menyambut sesuatu yang sifatnya sangat dekat dengan diri kita. Itulah sebabnya Baginda Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam jika Fathimah (Putrinya) datang ke rumahnya, maka beliau selalu menyambut dengan mengucapkan Marhaban Ya Fathimah. Suatu ungkapan untuk menunjukkan bahwa betapa dekatnya Rasulullah dengan Fathimah. (Lihat Kitab Shahih Riyadhus Sholihin Hadits No. 692 )

Marhaban ya Ramadhan berarti Selamat datang Ramadhan mengandung arti bahwa kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh kegembiraan dan mempersiapkan kedatangannya dengan penuh suka cita karena ia sangat dekat di hati umat islam.

Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, sudah selayaknya kita mempersiapkan kedatangan tamu Agung Ramadhan dengan persiapan yang sebaik-baiknya semoga kita memperoleh Keberkahan selama menjalani Ibadah di Bulan Ramadhan. Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar