DKM Al-Muhajirin Selenggarakan Shalat Idul Adha 1441-H dan Penitipan Hewan Qurban


Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh,
Jamaah Al Muhajirin dan Warga RW10 Antapani Kidul dan sekitarnya.

Masjid Al Muhajirin RW10, seperti tahun-tahun sebelumnya akan melaksanakan Shalat Idul Adha. 


Menurut Ketua Panitia Idul Adha 1441-H DKM Al-Muhajirin, Hasan Munawar, Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441-H tahun ini pada 10 dzulhijjah atau bertepatan pada hari Jum'at, Tgl 31 Juli 2020 (Kepastian waktu menyesuaikan dengan Keputusan Kemenag RI). Adapun waktunya, menurut Hasan, akan dilaksanakan pada pukul: 06.30 Wib s.d. Selesai, bertempat di Masjid Almuhajirin Jl. Jayapura No.2, RW-10 Antapani Bandung.
Sedangkan waktu pemotongan hewan qurban akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Agustus 2020, mulai pukul 06.00 s.d. Selesai.

Adapun yang akan bertindak sebagai Imam dan Khotib shalat Idul Adha dari Pengurus dan jamaah Al-Muhajirin sendiri, yakni:  Ustadz Heykal Sya'ban, Lc.

Titipan hewan qurban

DKM Almuhajirin juga masih menerima penitipan hewan Qurban Sapi.

Menurut Ketua DKM Al-Muhajirin, Sigit Tjiptono, besarnya biaya untuk qurban sapi (7 orang) untuk tahun 1441-H saat ini sebesar  Rp 3,2 juta/mudlohi. Nominal ini sudah termasuk biaya pengurusan.

Insya Allah, lanjut Sigit,  kami akan memenuhi beberapa saran dari jamaah agar besar sapinya minimal sama dengan sapi-sapi 3 tahun terakhir yang disembelih di tempat kita.

"Kami juga telah mengevaluasi biaya-biaya yang sedapat mungkin  bisa dihilangkan/ditekan, agar penentuan biaya per mudlohi sapi bisa lebih murah," jelas Sigit.

Adapun pendaftaran dan pembayaran dapat dilakukan:


a. Secara tunai dapat diserahkan langsung di Jl. Manokwari I/12 Antapani Kidul atau melalui Telpon/WA/SMS ke :

1. Bapak Saepudin no. WA 0821-2929-5926
2. Ibu Iis Hanifah no. WA 0813-2108-0793.

Ibu dan bapak tidak perlu repot-repot datang, tapi cukup WA/SMS/Telpon ke kami dengan menyebutkan nama mudlohinya dan cara pembayarannya. Nanti tim kami dari paniitia yang akan menjemput ke rumah ibu/bapak. Praktis khan? Apalagi di masa PSBB Pandemi Covid-19 sekarang ini, kita diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak sangat perting sekali.

b. Sedangkan untuk pembayaran via transfer dapat dikirim ke rekening Bank Syariah Mandiri no. 7112631431 a.n Aris Darmawati. Jika sudah transfer, mohon dikirim bukti transfernya ke panitia pendaftaran.

Adapun penitipan qurban berupa kambing baru kami terima pada H-1 yaitu hari Kamis tgl 30 Juli 2020. 


Pemenang tender

Menurut Ketua DKM, Alhamdulillah, satu tahap proses pengadaan sapi selesai.
Dari 6 lokasi yang disurvey dan  diadakan dua sampai tiga kali negosiasi untuk berat sapi antara 320-350 kg, diperoleh pemenang pertama Saudara Choirudin (Coy) dari Cijapati dengan nilai 20 juta/ekor. Sedangkan  pemenang kedua/Cadangan adalah Saudara Ujang dari Cibodas Lembang dengan nilai 21 juta/ekor.

Harga tersebut sudah franco gudang Al Muhajirin pada hari H-1 pagi. Seluruh hewan qurban akan dilengkapi sertifikat kesehatan hewan dari dinas peternakan dan pakan sapi untuk 24 jam.

Bagi yang membeli/membawa sapi sendiri ditetapkan biaya pengurusannya Rp. 200 rb/mudlohi atau Rp.1,4 juta/sapi. 

Sedangkan biaya pengurusan kambing Rp. 100 rb/ekor.

Mari segera mendafrar

Untuk mengingatkan kembali silahkan kami tunggu untuk pendaftar berikut nya. Tentu saja agar mendapatkan antrian nomer kecil, terlebih lagi karena idul Adha 1441-H, Insya Allah  akan jatuh pada hari Jumat.


Menurut catatan di panitia pendaftaran, Alhamdulillah, pendaftar penitip hewan qurban per 19 Juli 2020, sudah mencapai sapi yang ke-18. Adapun batas waktu pendaftaran pada tgl 28 Juli dan penitipan hewan qurban kambing pada 30 Juli 2020.

Bagi mudlohi sapi yang meminta tambahan kaki/buntut/hati/iga/ torpedo/paru di luar jatah daging, maka jatah dagingnya akan dikurangi 0,5 kg. Bagi mudlohi yang ingin membantu mendisditribusikan cantingan, diberikan 3 (tiga) cantingan. Permintaan tersebut dapat disampaikan pada saat pembayaran/pelunasan. Perubahan permintaan pada hari "H" tidak akan kami layani.

Ayo, mari kita mulai mendaftar. Kami masih menunggu pendaftar berikutnya. Seperti anjuran QS Al-Kautsar ayat 2: "Maka shalatlah dan sembelihlah hewan".

Dari Aisyah RA, bersabda: "Tidak ada satu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada Hari raya Idul Adha yang lebih dicintai Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya." (Hadits Hasan, Riwayat al-Tirmidzi:1413 dan Ibn Majah:3117).**/nas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promo Perumahan Eksklusif Taman Firdaus

Ucapan Terima Kasih dan Serba Serbi Idul Kurban

Keutamaan membaca shalawat