DKM Al-Muhajirin Bekerjasama dengan Pengurus RW-10 Antapani Kidul Selenggarakan Pengajian Rutin Muslimah

Ketua DKM Al-Muhajirin, H. Sigit Tjiptono, membuka
resmi Penyelenggaraan Pengajian Muslimah RW-10


Ketua RW-10 Ankid, yang diwakili Sekretaris RW-10,
Dede Hamam, menyampaikan terimakasih atas kerjasama
yang terjalin dengan sangat baik ini

Ust. Heykal Sya'ban, Lc. S.Sos sebagai Pengampu
Kajian Selama Kegiatan Berlangsung


Pengurus DKM Al Muhajirin, RW-10 Antapani Kidul, bekerjasama dengan Pengurus RW10 Antapani Kidul, menyelenggarakan Pengajian Rutin Khusus Muslimah. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan kajian secara terstruktur dengan kurikulum yang dirancang mencakup perkara-perkara penting yang harus diketahui muslimah pada bidang Aqidah, Fikih, Adab & Akhlak.

Demikian Ketua DKM Al-Muhajirin, H. Sigit Tjiptono, saat meresmikan acara Pengajian Muslimah dihadapan sekitar 30 peserta Ibu-ibu Muslimah, yang berlangsung di Masjid Al-Muhajirin RW-10, Selasa (2/11/21).

Dalam pembahasannya nanti, lanjut Sigit, kalau ada perbedaan pandangan silahkan untuk ditanyakan langsung ke Ustadz Heykal. In syaa Allah beliau akan menjelaskannya sesuai dengan dalil-dalil dalam Al-Qur'an maupun Al-Hadits.

Sementara itu, Ketua Rw-10, yang diwakili Sekretaris RW-10 Antapani Kidul, Dede Hamam, mengatakan sangat mendukung adanya gagasan diselenggarakannya pengajian muslimah secara pekanan ini. Terlebih ini digagas melalui kerjasam dengan Pengurus RW-10 yang melibatkan seluruh kaum muslimah RW-10 tanpa dibatasi sekat-sekat perbedaan mazhab.

"Sudah saatnya kaum muslimin bersatu-padu dengan mengedepankan syiar Islam yang rahmatan lil'alamin, saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan, semoga upaya ini sebagai tonggak awal semakin tumbuhnya persatuan seluruh kaum muslimin dan muslimah di RW-10 Antapani Kidul ini," tandas Sekretaris Dede Hamam.

Apalagi, lanjut Dede Hamam, bahwa pada 14 Oktober 2021, RW-10 mendapat penghargaan dari Walikota melalui Camat Antapani sebagai RW paling toleran atau mendapat sandangan sebagai Kampung Toleransi. Tidak hanya dipandang toleran terhadap adanya perbedaan agama dan suku, namun juga toleran dalam hal perbedaan aliran dalam hal beragama.

Adapun silabus ringkas kajian muslimah yang akan mendapat bimbingan Ust. Heykal Sya'ban, Lc. S.Sos ini, sebagai berikut:

1. SETIAP PEKAN KE-1: AQIDAH

• Mengenal TAUHID YANG BENAR, Syarat utama kunci surga.
• Mengenal kesyirikan- dosa yg tdk diampuni-di jaman modern & jenis-jenisnya...
• Penjelasan syarat diterimanya ibadah : Ikhlas.
• Fase-fase perjalanan manusia menuju akhirat.

2. SETIAP PEKAN KEDUA, FIKIH IBADAH:

• MUTABA'AH syarat kedua diterimanya ibadah.
• WUDHU & BERSUCI Sesuai petunjuk RASULULLAH ﷺ
• SHOLAT Sesuai PETUNJUK RASULULLAH ﷺ
•KESALAHAN-KESALAHAN FATAL dalam SHOLAT yang disepakati ulama.
• Tuntunan SHOLAT-SHOLAT SUNNAH
- HIJAB SESUAI TUNTUTAN AL QUR'AN & AS SUNNAH

3. SETIAP PEKAN KE-3, ADAB & AKHLAQ:

• ADAB BERDOA yang dikabulkan berdasarkan SUNNAH RASULULLAH ﷺ.
• Tuntunan DOA-DOA PENTING dalam AL QUR’AN & AS SUNNAH
• Adab & Hak Sesama MUSLIM
• Balasan AKHLAK KARIMAH di dunia & akhirat.
• Ibadah-ibadah HATI.

4. SETIAP PEKAN KE-4, TAFSIR & KAJIAN BEBAS:

• Tafsir surat & ayat teragung dalam AL QUR’AN
• Tafsir ayat-ayat yang paling banyak dibaca kaum muslimin.
• TANYA JAWAB BEBAS.

Adapun Ust.Heykal Sya'ban, Lc. S.Sos, sebagai pengampu kajian, selain sebagai Pengurus RW-10 dan Aset Bidang Dakwah yang dimiliki DKM Al-Muhajirin, juga memiliki latar belakang pendidikan yang mumpuni dalam bidang dakwah, antara lain: Alumnus S1 Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD, S1 Fak. Syari'ah Universitas Imam Muhammad bin Su'ud, KSA, cabang Indonesia, dan Magister Hukum Islam, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Akhirnya Ketua DKM berharap bagi kaum muslimah RW-10 yang belum hadir kali ini dapat menghadiri pengajian Selasa depan, mulai Pukul: 09.30 s/d 11.00 wib.

Semoga الله ﷻ melimpahkan hidayah-NYA agar selalu meniti jalan menuntut ilmu sebagaimana yang dijanjikan Rasulullah ﷺ:

من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة

Barangsiapa yang menyusuri jalan/kesempatan yang dia sangat mengharapkan mendapatkan ilmu (agama) didalamnya, maka Allaah ﷻ akan mudahkan jalannya menuju surga,*" HR. Muslim.

Sebagai tamu Allah, peserta Pengajian mendapat konsumsi spesial berupa Bakso Cuanki dan Humberger sebagai buah tangan untuk dibawa ke rumahnya masing-masing.//*nas













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promo Perumahan Eksklusif Taman Firdaus

Ucapan Terima Kasih dan Serba Serbi Idul Kurban

Kegiatan Idul Qurban 1442H di Masjid Al-Muhajirin Ditinjau Camat Antapani