Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2017

Keutamaan Membaca Shalawat

Gambar
Kita senantiasa memanjatkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Rasulullah: وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Sayyidina Muhammad Rasulullah Allah SWT berfirman: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56) Shalawat dari Allah berarti rahmat. Bila shalawat itu dari Malaikat atau manusia maka yang dimaksud adalah doa. Sementara salam adalah keselamatan dari marabahaya dan kekurangan. Tidak ada keraguan bahwa membaca shalawat dan salam adalah bagian dari pernghormatan (tahiyyah), maka ketika kita diperintah oleh Allah untuk membaca shalawat -yang artinya mendoakan Nabi Muhammad- maka wajib atas Nabi Muhammad melakukan hal yang sama yaitu mendoakan kepada oran

Adab Islami Sebelum Tidur

Gambar
Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Adab islami sebelum tidur yang seharusnya tidak ditinggalkan oleh seorang muslim adalah sebagai berikut. Pertama: Tidurlah dalam keadaan berwudhu. Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710) Kedua: Tidur berbaring pada sisi kanan. Hal ini berdasarkan hadits di atas. Adapun manfaatnya sebagaimana disebutkan oleh Ibnul Qayyim, “Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membu

Sahabat Akhirat dan Dunia

Gambar
Assalaamualaikum Warohmatullaahi Wabarokaatuuh. بِسْــــــــمِ اللَّــہ الرَّحْمَــــــانِ الرَّحِيـــــــم Bismillahir Rahmanir Rahim Oleh Arifin Ilham*. Ada dua macam sahabat, yaitu sahabat akhirat dan sahabat dunia. Kedua kelompok sahabat tersebut mempunyai ciri-ciri yang sangat bertolak belakang. Ada 12 perbedaan sahabat akhirat dan sahabat dunia,” kata Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustadz *Muhammad Arifin Ilham* Beliau menyebutkan : Ciri pertama sahabat akhirat sangat mencintai sahabatnya karena Allah. “Sedangkan sahabat dunia dekat denganmu karena dunia, kekayaanmu, popularitasmu atau jabatanmu.” Ciri *kedua* sahabat akhirat senang menasehati dalam taat, sedangkan sahabat dunia senang menasehati tentang dunia. “Ciri *ketiga*, sahabat akhirat diam-diam senang mendoakanmu, sedangkan sahabat dunia asyik hanya pada dirinya,” Ciri *keempat* sahabat akhirat tidak akan membiarkan sahabatnya susah, sakit bahkan celaka. Sedangkan sahabat dunia cuek bahkan bisa mencelakan sahabatnya. “Ciri *k

Kode dari "Boss Besar"

Gambar
Kata Ustad Felix Siauw, mengapa kita ini sudah dikasih kode, tapi kok engga peka...... Kode apa sih? Jadi gini, pernah gak lagi enak-enaknya tidur, eh tiba-tiba banyak nyamuk yang menggigit kita, akhirnya terbangun dari tidur. Lihat jam ternyata jam 02.00 Lalu ambil obat nyamuk, terus tidur lagi Setengah jam kemudian terbangun lagi karena kebelet buang air kecil. Setelah buang air, lihat jam ternyata masih jam 02.30 Ya udah deh, tidur lagi. Lalu Udara dingin banget, bangun terus ambil selimut. Ternyata masih jam 03.00, Pasang selimut terus tidur lagi, dengan kehangatan selimut. "AAAAHHHH..!!!! TIDAAAKK..!!!" Terbangun... Huft.. Ternyata barusan mimpi buruk. Lihat jam masih jam 03.30 "Tidur lagi ah, lumayan  shubuh masih lama nih" Nah justru, sering kali kita tidak peka terhadap hal seperti itu, tidakkah kita menyadari atau merasa bahwa itu adalah kode dari Allah bahwa Allah sedang kangen sama kita? Sesungguhnya, Allah menghendaki kita sholat mala