Khutbah Jum'at Masjid Al-Muhajirin: "Besarnya Rahmat Allah"

 


Bissmillah...
Assalamu'alaikum wr.wb.

Khutbah Jum'at di Masjid Al-Muhajirin RW-10 Antapani Kidul (23/4), menampilkan khotib/imam Ust. Husna Hisaba Kholid, S.Ag. Tema yang disampaikan "Besarnya Rahmat Allah."

Beberapa butir khutbahnya sebagai berikut:

1. Sebanyak apapun dosa yang diperbuat manusia, namun begitu besar kasih sayang/rahmat Allah Subhanahu Wata'ala.

Surat Az Zumar ayat 53:

قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ

Qul yaa'ibaadiyal laziina asrafuu 'alaaa anfusihim laa taqnatuu mirrahmatil laah; innal laaha yaghfiruz zunuuba jamii'aa; innahuu Huwal Ghafuurur Rahiim

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Tafsir:
Pada ayat yang lalu digambarkan betapa buruknya sanksi yang diperoleh orang-orang yang durhaka. Segala apa yang sudah mereka peroleh di dunia tidak memberi manfaat sedikit pun untuk keselamatan mereka. Ayat-ayat itu menggambarkan betapa Allah itu Maha Pengasih lagi Maha Pengampun bagi hamba-hamba-Nya. 

Katakanlah, wahai Nabi Muhammad, “Wahai hamba-hamba-Ku, yang telah berbuat melampaui batas terhadap diri mereka sendiri karena banyak melakukan kedurhakaan! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya selama yang berdosa itu bertobat dan kembali ke jalan yang lurus. Sungguh, Dialah Zat Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang."

2. Allah menciptakan 100 rahmat. Hanya 1 rahmat/kasih sayang saja yang diturunkan Allah seperti yang kita rasakan saat ini di dunia. Namun 99 rahmat itu akan Allah berikan di hari kiamat kelak.

3. Kasih sayang terbesar yang diberikan Allah itu ada pada bulan Ramadhan. Sungguh celaka bila bertemu dengan bulan ramadhan tapi dalam menghabisi/melewati bulan itu dengan tidak mendapatkan ampunan dari Allah.

Lalu mengapa Allah menciptakan sebanyak 100 rahmat? Dan berkaitan dengan penciptaan apa?

Simak lebih dalam melalui video diatas...

Wassalam,

Semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promo Perumahan Eksklusif Taman Firdaus

Ucapan Terima Kasih dan Serba Serbi Idul Kurban

Kegiatan Idul Qurban 1442H di Masjid Al-Muhajirin Ditinjau Camat Antapani