KURMA-4, "Bagaimana Mentadaburi Alquran di Bulan Ramadhan"

 


Bissmillah..
Assalamu'alaikum wr.wb.

Kuliah Ramadhan-4 (KURMA-4), Sabtu, 17 April 2021, di Masjid Al-Muhajirin, RW-10, Antapani Kidul, menampilkan Ust. Muttaqin Majid, Lc., dengan mengambil tema: "Bagaimana Mentadaburi Alquran di bulan Ramadhan".

Inti uraiannya sebagai berikut:

1. Alquran Nur karim dan bulan Ramadhan memiliki hubungan yang sangat erat.

2. Dalam surah Al-Baqarah ayat ke 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ.

Arti: Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

3. Ketika berinteraksi dengan Alquran tak hanya cukup membacanya, namun juga perlu mentadaburinya atau berusaha untuk memahami/menghayati/mendalami Alquran sehingga diperoleh pelajaran-pelajaran dalam Alquran yang akan melahirkan keimanan.

4. Mentadaburi berarti berusaha secara bertahap agar lebih memahami Alquran. Orang yg tidak mentadaburi Alquran seolah hatinya telah terttutup. Tadabur satu langkah lebih baik dari membaca Alquran.

5. Walau membaca Alquran seccara terbata-bata, maka Rasulullah menjanjikan baginya dua pahala. Pahala pertama usahanya dan pahala kedua membacanya. Jika mentadaburinya maka tentu pahalanya akan lebih banyak dari itu.

6. Beberapa kiat untuk mentadaburi Alquran: Buka terjemahannya, buka tafsirnya, lakukan dengan sepenuh hati (hidupkan hati), gunakan pendengaran sepenuh hati, posisikan kita sedang berdialog dengan Allah Subhanahu Wata'ala, serta mengerahkan/mengeluarkan seluruh potensi untuk memahaminya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan masuk ke channel youtube diatas.

Semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Promo Perumahan Eksklusif Taman Firdaus

Ucapan Terima Kasih dan Serba Serbi Idul Kurban

Kegiatan Idul Qurban 1442H di Masjid Al-Muhajirin Ditinjau Camat Antapani